Ticker

6/recent/ticker-posts

Petualangan Gue ke Teater JKT48

 


​Banyak orang bilang kalau mau ngambil keputusan itu harus dipikirin matang-matang. Ditimbang untung ruginya, dihitung risikonya, baru dijalanin. Jujur, gue kurang setuju. Soalnya keputusan terbaik yang pernah gue ambil malah lahir dari mode, "yaudah, sikat aja dulu."

Seenggaknya itu yang gue rasain waktu iseng nonton teater JKT48 kemarin.

Gue bukan wota garis keras. Gak hafal semua lagu. Gak punya tumpukan photopack di kamar. Level gue paling wota rebahan, scroll sosmed member, liat update mereka, terus ngebatin dalam hati "cakep juga ya," abis itu udah. Gak pernah kepikiran buat nonton langsung.

Sampai suatu hari gue lagi gabut dan iseng buka website JKT48.

Btw, tombol "Buy a Ticket" itu kan kecil banget ya? segede upil. Malah nyaris kelewat kalau nggak bener-bener dicari.

Terus gue klik.

Tanpa mikir.

DAN BESOKNYA GUE DAPET VERIF.

Gue sampe buka email itu berkali-kali. Masih nggak yakin. Takutnya salah kirim atau sistemnya lagi error. Tapi ternyata enggak. Nama gue beneran ada di situ.

Sempet dilematis, "Ini jadi berangkat nggak, ya?"

Tapi setelah dipikir-pikir, kapan lagi bisa nonton JKT48 langsung di teater?

​Alright gue mutusin buat berangkat. Dompet udah aman, kartu identitas siap, tinggal milih baju yang paling proper di lemari.

Tujuannya satu.

FX Sudirman.


Di hari-H, gue cabut dari rumah jam satu siang. Emang kecepetan, tapi lebih mending nunggu di sana daripada telat. 

Tapi pas sampe Stasiun tujuan, GPS gue mendadak ngaco. Gue malah diputer-puterin yang nggak jelas arahnya.
Seakan nyuruh lompat-lompat bugil di atas jembatan! nabrakin diri di tengah jalan! sampe guling-guling di depan banyak orang! 

*Maaf hanya bercanda. 

​Belum beres urusan GPS, tiba-tiba langit gelap dan hujan turun deres.
Gue terpaksa ngungsi di bawah flyover.
Bareng tukang ojek, pengamen, dan bocah kecil yang entah siapa tapi ikut jadi bagian cerita gue sore itu.

Waktu terus jalan. Jam udah lewat jam empat, padahal verifikasi tiket mulai jam lima. Di situ gue mulai mikir, lanjut apa pulang aja, ya?

Jujur, sempet kebayang enaknya balik ke Depok, rebahan di kamar, terus udah. Nggak usah ribet-ribet lagi.

Tapi sebelum beneran mutusin pulang, muncul obrolan kecil di kepala.

"Ngapain sih susah-susah begini? Pulang yuk"

"Ye kocak.. Buat liat member, dodol."

Kalimat kedua itu ternyata cukup buat bikin gue lanjut jalan.

Gue terobos aja tuh hujan sambil nyari jalan yang agak teduh. Basah kuyup udah pasti. Belum lagi ada mobil lewat yang nyipratin air ke celana. Lengkap udah.

Untungnya ada halte bus di depan. Gue mampir dulu buat neduh sambil berharap hujannya cepet reda. Soalnya perjalanan ke teater masih belum selesai.


​​Bus yang gue tunggu akhirnya dateng, bukannya langsung naik, gue malah bengong. Begitu sadar busnya udah mulai jalan, gue langsung refleks ngejar.

Bayangin. Gue udah basah kuyup, masih harus lari di pinggir jalan.

Orang-orang pada ngeliatin.

Dan entah kenapa gue yakin isi kepala mereka kurang lebih begini.

"Kasihan amat, kayaknya abis kecopetan."

Untungnya, gue masih sempet naik.

Di kaca depan terpampang tulisan Kampung Melayu - Blok M.

"Wah, aman," pikir gue. Tinggal duduk, nyender bentar, isi tenaga lagi sebelum masuk teater.

Cuma ya, gue orangnya gampang overthinking, jadi gue tetap nanya ke kernet.

"Bang, ini lewat GBK, kan?"

"Iya. nyambung. Ini ke Blok M".

--

Ya ok, gue percaya.

Tapi nyatanya? pas baru beberapa km, busnya malah belok ke arah lain.

Gue langsung berdiri.

"Bang, ini kok gak ke Senayan?"

Lalu kernetnya jawab dgn enteng.

"Emang jalurnya gini, Dek."

Di situ gue baru ngeh.

Salah jurusan anjirr. 

Gue segera turun tanpa banyak debat.

Dan turunnya pun di tempat yang rasanya gue bahkan gak yakin ini masih Jakarta atau udah masuk Narnia.



​​Gue berdiri di pinggir Jalan Sudirman.

Kalau dipikir sekarang, sebenernya gue cukup cari halte Transjakarta. Secara logika, itu jelas opsi paling logis buat ke Senayan.

Tapi entah kenapa, otak gue hari itu kayak lagi error.

Bukannya cari halte, gue malah mutusin jalan kaki.

Sampai sekarang gue juga masih bingung, itu keputusan paling bijak atau paling bego yang pernah gue ambil.

Tapi ada satu kabar baik.

Hujannya reda.

Gue jalan sambil mantengin navigasi vGPS, langkah gue penuh keyakinan.
Saking yakinnya... sampai nabrak tiang rambu.
(Yang nabrak tiang gue boong.) 

Setelah drama yang rasanya gak kelar-kelar...

Nampak juga gedung FX Sudirman di depan mata.

Tapi masalah berikutnya adalah...

Nyari pintu masuk.

Jujur, dari luar gedung ini gak terlalu kelihatan kayak mall.

Lebih mirip hasil kerja kelompok mahasiswa arsitektur yang dikejar deadline.

Yang kelihatan duluan parkiran.

Muter lagi, ketemu deretan kafe.

Muter lagi...

Akhirnya nemu juga pintu masuk.

Dan tau apa yang pertama kali nyambut gue?

Perosotan raksasa.

Serius.

Beneran ada perosotan gede berdiri di dalam gedung.

Di situ gue cuma bisa bengong.

Mungkin emang gue yang norak.

Tapi ya bodo amat.

Ketika sampe di F4, lalu ngeliat plang "JKT48 Theater" yang selama ini cuma gue anggap sebagai mitos.

Dan sekarang gue berdiri tepat di depannya.

Di momen itu gue langsung keinget semua yang udah gue lewatin hari itu.

Hujan.

Nyasar.

Naik bus yang salah jalur.

Kena cipratan air got.

Sama... tiang rambu yang tadi, walaupun itu bohong.

Semua capek, kesel, panik, sama bingung yang gue rasain dari pagi...

Rasanya langsung kebayar.

Itu jadi salah satu momen yang gak bakal gue lupain.

Mungkin sampai tua.

Sampai pensiun.

Sampai nanti cucu gue nanya,

"Kakek dulu pernah nonton idol?"

Gue bakal jawab,

"Pernah, Cu. Tapi yang paling kakek inget bukan cuma idolnya. Yang paling kakek inget itu perjuangan buat bisa sampai ke tempat mereka tampil."



Teaternya sepi anjir.. 

​Pas udah sampai depan teater, gue mulai ngerasa ada yang aneh.

"Kok sepi banget ya? Ini beneran ada show gak sih hari ini?" batin gue.

Gue langsung buka HP. Cek jadwal lagi, buka timeline Twitter, mastiin gak ada pengumuman mendadak.

Harusnya sih aman.

Bangkenya ada orang di depan gue tiba-tiba ngomong ke temennya.

"Eh, katanya show-nya batal deh."

ANJIR.

Seketika langsung overthinking.

Kalau beneran batal, rasanya pengen gue obrak-abrik nih lantai F4.

Bayangin.

Gue udah kehujanan sampai basah kuyup.

Sempat nyasar.

Naik bus yang salah jalur.

Jalan kaki entah berapa kilometer.

Masa ujung-ujungnya malah dibilang show batal?

Gue cuma bisa narik napas panjang sambil teriak dalam hati.

"Whaaaat the hell!"

"Demi Sempak Lucifer, Udel Beruang, Kadal Buntung, KUNTILANAK POHON KELAPA!!"

...

Cuma Prank.

Show tetap jalan.

Masalahnya cuma satu.

Loketnya memang baru buka jam tujuh malam.

Ya pantes aja tadi masih sepi.

Fix, hampir aja gue percaya omongan orang random.

Beruntung gue gak langsung cabut.

Begitu loket dibuka, gue gercep ikut antre.

Tunjukin email, ambil tiket, beres.

Dan...

Tiket DnT resmi mendarat di tangan gue.

📸 Langsung selfie coyy!

Wajah orang Absurd ~

Tiket aman di tangan. Selfie udah.

Harusnya sih hati udah tenang.

Tapi belum.

Soalnya ini Teater JKT48. Sistemnya beda. Gak kayak beli tiket bioskop atau nonton bola yang nomor kursinya udah jelas.

Di sini ada satu ritual yang namanya... bingo.

Sebagai orang yang baru pertama kali ke teater, denger kata "bingo" aja udah bikin gue was-was.

Gue bener-bener gak ngerti cara kerjanya.

Takut dapet urutan buntut, terus ujung-ujungnya cuma kebagian posisi yang kurang enak. Setelah perjuangan sepanjang hari, masa iya nasib gue masih apes juga?

Gue milih nunggu aja di deket kaca pembatas lantai F4 sambil nunggu instruksi dari staf.

Kurang lebih setengah jam gue cuma berdiri di situ.

Pengen cepet masuk, deg-degan nunggu nomor dipanggil, ditambah kaki yang mulai protes gara-gara dari tadi isinya jalan kaki sama berdiri terus.

Gak lama kemudian, suara dari speaker mulai kedengeran.

"Trett... tet... krrr... sesi bingo dimulai."

Wota-wota lain otomatis bikin barisan rapi.

Lah gue?

Masih bengong.

Beneran gak tau harus ngapain.

"Kalau gue kelewat bingo ini, jangan-jangan gagal nonton lagi."

Udah sejauh ini, masa iya kandas gara-gara hal beginian?

Padahal kalau dipikir sekarang, tinggal nanya aja ke orang sebelah juga selesai.

Tapi entah kenapa, gue malah mendadak grogi.

Aura wota di sekitar gue berasa intimidating.

Ada yang bawa tote bag isinya photopack segambreng.

Ada yang pegang lightstick yang udah dimodif.

Dan entah siapa... sempet ada bau ketek yang lewat nyerempet hidung gue.

Belum selesai sampai situ.

Di sebelah gue ada segerombolan fans Jepang.

Beneran orang Jepang.

Gue cuma bisa mikir, "Waduh... ngajak ngobrol mereka kayaknya lebih susah daripada ngerjain JLPT N1."

Namun, ada seorang cewek di belakang gue yang nyolek pelan.

"Mas, langsung bilang ke security, gapapa."

Tanpa mikir panjang gue langsung bilang.

Dan bener aja...

Nomor bingo gue udah dipanggil dari tadi.

ANJAY.

Tapi gue tetap masih dibolehin masuk.

Walaupun kena semprot.


Finally gue bisa ngerasain masuk ke area dalem Theater.

Di sepanjang dinding terpajang figura single AKB48. Jujur, keren juga ngeliatnya secara langsung.

Baru aja gue mau nikmatin suasana bentar...

Tas gue langsung dicegat sama staf.

"Demi keamanan ya, Mas."

Sambil ngomong, dia mulai ngecek isi tas gue satu per satu.

Gue sih santai aja. Toh gak bawa yang aneh-aneh.

Tapi tiba-tiba ekspresi dia berhenti di satu benda.

"Maaf, Mas. Botolnya ditahan dulu ya."

...

Tupperware gue disita.

Yang bening.

Isinya air putih.

Gue bawa dari rumah. Niatnya biar hemat, sekalian gak usah beli minum lagi.

Gue spechless, terus dalam hati.
“Hah? Ini botol minum gue lho? Yang tiap pagi cuma jadi korban rebusan teh tawar?”

Tupperware polos nggak berdosa, tiba-tiba dicap benda berbahaya.

“Serius? Ini dianggap ilegal? Emangnya gue mau nimpuk member pake Tupperware, gitu?”

Tapi yaudah lah, daripada ribet.
Dengan tatapan sedih, gue titipin dia ke meja penitipan.

“Stay strong ya, bro,” bisik gue ke tupperware.


​Pas masuk ke area stage, hal pertama yang gue rasain itu...

Gelap.

Gelapnya tuh persis kayak masuk bioskop pas filmnya udah mulai. Lo cuma bisa jalan pelan sambil nyari tempat dan berharap gak nabrak orang.

Gue celingak-celinguk.

Sebenernya gue lihat masih ada beberapa kursi kosong.

Tapi penyakit sotoy gue kambuh.

"Wah, ini pasti udah di-booking sama fans-fans lama," pikir gue.

Ya udah.

Dengan penuh keyakinan, gue melipir ke standing area.

Berdiri paling belakang, gayanya sok santai, sok berpengalaman, seolah-olah udah sering nonton teater.

Padahal...

Itu kursi bebas, cuy.

Selama warna tiket dan nomor row pas, ya tinggal duduk aja di kursi yang masih kosong.

Yang nyesek, nomor bingo gue sebenernya lumayan bagus.

Harusnya gue bisa dapet kursi yang enak.

Eh, gara-gara sotoy, gue malah berdiri di belakang.

Ya udah lah.

...

Dan ternyata, dari sinilah penderitaan yang sebenarnya dimulai.

Awalnya masih pede.

"Standing area enak lah. Bebas, gak ribet, bisa lebih leluasa."

Realitanya?

Zonk.

Kaki mulai pegel berdiri kelamaan. Punggung makin lama makin miring kayak menara Pisa. Tapi yang makin ngeselin...
Ada satu fans di depan gue.

Jingkrak-jingkrak kayak kelinci dopamin overload.

Setiap gue mau ngintip member,
yang nongol malah punggung dia.
Mulu.

MULU!

Gue berdiri di belakang, nyari angle. Miring kanan, punggung.
Miring kiri, kepala dia.
Loncat dikit, malah nginjek kaki orang.
Udahlah nyerah.

Tapi... semua rasa kesel itu mendadak ilang pas lagu favorit gue dimainin.

Sumpah, kayak ada magic-nya.
Gue langsung semangat, ikut nyanyi, meskipun suara gue... yah, lebih mirip ayam ketabrak motor.
Tapi itu nggak penting.

Karena di momen itu gue sadar:
“Ini nih... alasan kenapa gue rela standing dari awal.”


Dan kalo dipikir-pikir lagi, gue baru nyadar satu hal.

Kejadian gue di sesi bingo ternyata mirip sama cerita yang pernah dibagi Viny di salah satu postingan G+.

Apa ini...

Déjà vu?

Déjà vu pala lu!

Throwback dikit, pas lagi asyik antre verifikasi tiket, sebelum masuk ke Theater, tiba-tiba dari arah lift belakang yang agak ngumpet muncul dua orang yang mukanya gak asing.

Achan sama Haruka.

Gue langsung diem.

"Itu... beneran mereka?"

Mereka jalan santai, lewat persis di depan mata gue.

Yang gue heran, orang-orang di sekitar malah biasa aja.

Wota lain masih sibuk nunduk lihat HP, ada yang ngobrol, ada juga yang sama sekali gak bereaksi.

Gue jadi mikir,

"Ini gue yang norak, atau mereka emang udah kebiasa lihat member lalu-lalang?"

Jujur, gue pengen banget teriak.

"WOY BANGKE, ITU ACHAN SAMA HARUKA!"

Tapi untungnya masih ada sisa kesadaran.

Jadi gue tahan.

Belum selesai rasa takjub gue...

Eh, gak lama kemudian gue ngeliat Sakina, kakaknya Ayana, lagi ngobrol sama nyokapnya.

 Terbesit pikiran.

"Kak. Tante. Boleh numpang nimbrung gak?"

Tapi ya cuma sebatas pikiran.

Realitanya, gue cuma bisa liatin dari jauh.



Oke dimulailah teaternya. 
*Soundnya kenceng banget anjir... 

"Kageana rica
M00 overture
M01 Tsukimisou
M02 Warning
M03 Tanjoubi no yoru

MC1 tema : Resolusi tahun 2014 yang belum tercapai. 

Nabilah : sebenernya pas SMP pengen masuk osis tapi ada teater.
Shania : belom cobain unit selain nage kiss
Melody : belum tercapai yaitu wisuda sama bisnis sendiri.
Kinal : pengen nurunin berat badan nanti pas 3rd anniv berat badan jadi 48 lagi.
Rica : pengen punya kedai kopi sendiri.
Beby : pengen gendut hahaha..
Ayana : pengen kurangin tidur dikelas..
Sonia : aku pengen tinggi.
Ve : pengen bisa tidur 8 jam sehari.
Gaby : pengen eksperimen rambut.
Haruka : pengen makan pedas.
Frieska : pengen masuk single..
Delima : pengen manjangin poni.
Dena : pengen ranking 1 trus pas SMA blom pernah ranking lagi.
Dhike : pengen unit song sinkirou sama rica.
Ghaida : pengen unit song ya agak feminim.

M04 Bird (Rica Melody Kinal)
M05 Nage kiss (Nabilah, Gaby shanju, Beby, sonia, ayana)

MC2 tema: apa sih moment berharga Tahun ini.

Ghaida : saat pengumuman sosenkyou kmarin, kalender.
Frieska : pas pajama revival sama masuk kalender.
Dena : waktu masuk team J.
Delima : waktu event pensi, mengandalkan solidaritas bngt..
Dhike : semua momen di JKT48 itu berharga.

M06 Seifuku ga jama wo suru (melody nabilah haruka rica veranda kinal ayana shania.)
M.10 Koike (All Member)

MC3 tema : Resolusi di 2014 yg bikin bahagia.

Gaby : ketemu kak rica..
Ve : ngerayain ultah bareng rica.
melody : rica jadi sepuh aku kuncen.
Nabilah : jadi pelayan di kedai kopi rica.
Ayana : supaya naik kelas 2.
rica : bisa jadi member jkt dan masuk senbatsu peringkat ke 7.
Haruka : pengen bisa bhs inggris soalnya di JKt ga ada yg bisa bhs inggris.

Banyak member yang nyebut Rica, kayak udah foreshadowing gitu...

Dareka no Temeni
Kimi no koto ga sugi dakara

Encore "rica otsukare"

En.03 Baby! Baby! Baby!
Bonus : kokorono placard 

MC4 Tema : Permainan Kesukaan Waktu Kecil

Ayana : ga pernah main.

dena : main bongkar pasang sama jiple.
Frieska : Aku bukannya main, tpi malah di Mainin.

MC4-1 Tema : Kalau Disuruh Kecil Remaja Apa Dewasa?

rica : remaja, karena mukanya masih remaja.
haruka : dewasa, karena udh cukup kecil sama remaja.
ve : anak2 soalnya imajinasinya banyak bngt.
kinal : kecil, soalnya slalu bahagia.
Gaby : dewasa, karna supaya mirip sama raisaaaa..
shania : anak2, soalnya susah senang happy terus..
Nabilah : anak kecil, klopun udh dewasa tp belom tentu pikirannya dewasa.
*bonus song again Kurumi tp dialouge


((Pengumuman Rica))

"Karena kondisi saya yang tidak memungkinkan, maka dengan ini saya menyatakan untuk tidak melanjutkan di JKT48..."

Rica ngomong sambil nangis.

Dan di momen itu juga...

Rica Leyona resmi mengumumkan kelulusannya.

Pas seluruh penonton kompak nyemangatin,

"Semangat, Riccaaa!"

Entah kenapa gue malah refleks teriak,

"Yahhh..."

Sumpah, itu keluar sendiri.

Gue bener-bener gak siap.

Baru pertama kali nonton teater, eh yang gue dapet malah salah satu momen paling sedih buat fans Rica.

Ada satu hal yang baru gue sadari setelah jadi wota.

Kalau ada member yang grad, biasanya tanggalnya bakal terus keinget.

Harinya.

Momennya.

Bahkan suasananya kadang masih membekas di kepala.

Dan buat gue, hari pertama nonton teater bakal selalu identik sama hari Rica ngumumin kelulusannya.

Eh...

Ngomong apa sih gue.

Balik ke cerita.

Sebenernya dari awal show, firasat gue udah gak enak.

Rica keliatan agak beda.

Auranya gak secerah biasanya.

Gerakannya juga terasa ga enerjik, kayak lagi nyimpen sesuatu.

Terus pas sesi MC, perasaan itu makin kuat.

Nama Rica sering banget disebut sama member lain.

Lebih sering dari biasanya.

Di situ gue mulai mikir,

"Wah... jangan-jangan bakal ada pengumuman."

Dan ternyata...

Bener.


Dua jam pun berlalu.

Show Teater Tim J selesai.

Dan sumpah...

Gue puas.

Akhirnya bisa juga ngeliat idol yang selama ini cuma gue lihat di layar, sekarang tampil langsung di depan mata.

Oh iya, gue juga sempet beli lightstick potek di booth merchandise.

Harganya 30 ribu.

Masalahnya...

Nggak gue pake sama sekali.

Goblog gak tuh?

Udah nyala, udah siap dipake, malah gue masukin ke saku celana.

Sayang juga. Tiga puluh ribu itu lumayan buat beli gorengan sekantong.

Kenapa gak gue pake?

Simple.

Gue gak tau cara nge-chant.

Newbie tulen.

Baru pas lagu Baby! Baby! Baby! dibawain, lightstick gue akhirnya ikut bergoyang.

Soalnya lagu itu udah sering gue denger, jadi chant-nya masih bisa ngikut dikit.

Kalau soal member...

Nabilah?

Gesrek beneran.

Persis kayak yang sering gue lihat di YouTube. Energinya ke mana-mana, gak bisa diem.

Ve?

Wah...

Bidadari turun di FX lantai F4.

Pas MC aja cuma senyum sama ngangguk dikit, tapi auranya tetap beda.

Melody, Kinal, sama Shania?

Jujur...

Gue gak terlalu fokus.

Soalnya posisi gue searah sama Dena.

Ya gimana...

Oshi gue, bro.

Fokus otomatis lari ke dia.

Kalau ada satu segmen MC yang paling gue inget, itu waktu member cerita soal resolusi tahun 2014 yang belum kesampaian.

Haruka bilang pengen bisa bahasa Inggris.

Tapi ujung-ujungnya malah bilang,

"Hello... hello... hello..."

Gue langsung ketawa.

Ini orang emang ada aja tingkahnya.

Tapi harus gue akuin juga, di beberapa bagian show gue sempet nge-blank.

Capek.

Badan udah soak.

Kaki pegel.

Otak mulai lemot.

Pas jeda sebelum encore, gue langsung duduk selonjoran di lantai.

Soalnya fans lain juga banyak yang ngelakuin hal yang sama.

Pemandangannya udah kayak posko pengungsian, semua tepar berjejer.

Dari semua lagu malam itu, yang paling membekas di kepala gue tetap Bird yang dibawain Melody, Rica, sama Beby.

Merinding.

Terus encore-nya?

Ya jelas Baby! Baby! Baby!

Denger intro-nya aja rasanya tangan langsung pengen ngangkat lightstick.

Abis show selesai, penonton mulai keluar satu per satu.

Gue langsung siapin kamera HP.

Siapa tau bisa dapet 2shot gratis.

Eh...

Ternyata emang gak boleh.

Ya udah, HP gue masukin lagi ke saku.

Sedikit kecewa sih, tapi euforianya masih nutupin semuanya.

Nah, pas sesi hi-touch...

Di situ baru kerasa gugupnya.

Muka gue tegang.

Senyum ke Haruka aja rasanya kaku.

Tapi akhirnya...

Gue hi-touch juga sama Haruka.

Tangan gemeter.

Mulut mendadak lupa cara ngomong.

Pas keluar dari teater, gue jalan sambil senyum-senyum sendiri.

Untung masih bisa ditahan.

Kalau enggak, orang mungkin ngira gue gila. 

Di lobi masih rame.

Kayaknya lagi ada sesi direct selling.

Beberapa member juga kelihatan, termasuk Beby Chaesara.

Tapi karena badan gue udah bener-bener habis, akhirnya gue mutusin buat langsung pulang bareng Om Yamadha-san.

Eh, sebelum cabut, ada satu kejadian yang baru gue sadari.

Beberapa wota ngelihatin gue dengan tatapan yang... lumayan sinis.

Gue sempet bingung.

"Lah, gue salah apa?"

Ternyata jawabannya ada di kaos yang gue pake.

Kaos Tim KIII.

Sementara yang gue tonton...

Show Tim J.

Pantes aja.

Saking semangatnya habis beli di booth merchandise, gue langsung pake tanpa mikir.

Bukan niat trolling, apalagi provokasi.

Murni... kecolongan aja ehehehe.



Yamada-san. *dia ga sadar gue foto.

Pas gue liat jam, gue baru ngeh...

HP gue udah sekarat.

Baterainya lowbat anjayy. 

Lah...

Kalau HP mati, gue pulang gimana?

GPS ilang, arah pulang juga ikut ilang. 

Baru aja seneng abis nonton teater, eh sekarang malah mulai panik lagi.

Potensi nyasar udah naik jadi sembilan puluh persen.

 Gue duduk sendirian di pinggir trotoar depan FX.

Bengong.

Mikir.

Mau minta dijemput?

Siapa juga yang bisa jemput.

Mau nginep di trotoar?

Ya jelas gak mungkin.

Ntar dikira gelandangan, malah digeret Satpol PP.

Terus gue baru sadar satu hal lagi. 
Bus ke arah rumah gue juga udah gak ada.

FX makin lama makin sepi.

Toko-toko mulai tutup.

Wota yang tadi rame juga satu per satu udah pada pulang.

Termasuk Om Yamada-san yang langsung tancap naik taksi.

"Anjir... kelar gue."

Gue cuma bisa nunggu keajaiban.

Terus...

Tiba-tiba dari belakang ada suara cewek.

"Dek, ngapain duduk di situ? Pulang yuk."

Gue langsung nengok.

"Lah, siapa?"

Pas gue lihat...

Melody.

Sama Nabilah.

Mereka berdiri sambil senyum, terus ngajak gue pulang bareng.

...

...

...

Yaelah.

Itu mah cuma delusi di kepala gue.

Realitanya...

Gue masih duduk sendirian di trotoar.


Nah, kalau dilihat sekilas sih...

Bus masih banyak yang lewat.

Masalahnya, semuanya jurusan ke kota.

Ke kota, bro.

Sementara gue...

Mau pulang.

Bukan mau keliling Jakarta sampai subuh.

Di titik itu gue sadar, gue butuh ide.

Ini momen yang di film-film biasanya tokoh utamanya tiba-tiba nemu rencana cadangan yang aneh, tapi selalu berhasil.

Dan entah kenapa, Jimmy Neutron di kepala gue langsung aktif.

Gue mikir,

"Gimana kalau gue naik bus ke arah kota dulu, turun di stasiun, terus lanjut naik kereta ke Pondok Cina?"

Kedengarannya biasa aja, tapi di kepala gue waktu itu...

Ini strategi tingkat dewa.

Tanpa banyak mikir, gue langsung siap eksekusi.

Masalahnya...

Bus pertama malah gak berenti padahal gue udah kasih kode.

"Anjir."

Kayaknya muka gue terlalu desperate.

Tapi ya udahlah, namanya juga lagi kepepet gue gak bisa nyerah gara-gara satu bus. Gue tunggu bus berikutnya.

Untung kali ini berenti.

Sebelum naik, gue sempet nanya dulu ke kernet.

Atau... entah kernet, entah pengamen yang lagi gondolan di pintu. Sampai sekarang gue juga gak tau.

"Bang, ini bisa ke Pasar Minggu gak?"

Dia bilang bisa.

Tapi harus transit dulu.

Turun di suatu tempat, terus lanjut naik bus lain yang ke arah Pasar Minggu.

Dan tau gak apa yang gue lakuin?

Gue langsung ngangguk.

Sok paham.

Padahal isi kepala gue cuma satu.

"Wah... jangan-jangan ini delusi episode dua."

Setelah sebelumnya halu diajak pulang sama Melody dan Nabilah, sekarang jangan-jangan gue lagi ngikutin petunjuk yang belum tentu bener.

Tapi ya udah.

Dalam kondisi kayak gitu, pilihan gue emang gak banyak.

Yang penting jalan dulu.

Kalau enggak...

Malam itu bisa-bisa gue tidur di halte.
______

Gue tuh sering mikir, Jakarta ini kota yang bener-bener gak kenal waktu.

Orang bisa aja bilang,

"Ah, jam 10 malam mah udah sepi."

Salah.

Jam 10 malam di Jakarta masih macet, bro.

Macet.

Jam 10 malam.

Dan gue masih kejebak di dalem bus, nahan ngantuk sampai mata rasanya tinggal setengah watt.

Tapi itu baru satu masalah.

Masalah berikutnya...

Gue gak tau bus ini udah sampai mana.

Lagi bengong di tengah kebingungan, tiba-tiba mbak-mbak yang duduk di sebelah gue ngomong pelan.

Suaranya kecil.

Gue juga gak nangkep semuanya.

Tapi gue tetap ngangguk-ngangguk, pura-pura paham.

Untungnya, yang dia maksud ternyata penting.

Dia ngasih tau kalau bentar lagi gue harus turun.

Yang lucu, dia tahu tujuan gue bukan karena gue nanya ke dia.

Dia denger obrolan gue sama orang yang tadi gue tanyain soal rute.

Menarik ya.

Kadang kita gak minta bantuan.

Tapi bantuan itu datang sendiri.

Dan malam itu, bantuan kecil itu bener-bener nyelametin gue.

Gue turun dari bus.

Nyebrang JPO.

Dan ternyata bener.

Bus ke arah Pasar Minggu ada di seberang.

Tanpa mikir panjang, gue langsung naik.

Entah karena udah mulai lihat jalan pulang atau emang badan udah pasrah, rasa panik pelan-pelan hilang.

Malah gue jadi lebih santai.

Sampai sempet-sempetnya selfie di dalam bus.

Buat kenang-kenangan.

Soalnya hari itu...

Absurd.

Begitu nyampe Pasar Minggu, gue langsung bengong.

"Naik apa lagi ya ke Depok?"

Lo tau gak sih rasanya? Baru aja ngelewatin satu masalah, eh langsung disambut masalah berikutnya. Kayak game yang ternyata masih ada stage selanjutnya.

Setelah mikir bentar, gue sampai pada satu kesimpulan.

Naik kereta.

Udah malem. Bus mulai jarang, ojek juga gak keliatan, sementara angkot... ya begitulah. Ada sih, tapi arahnya sering bikin orang bertanya-tanya.

Akhirnya gue jalan ke stasiun.

Sepi.

Dan ini bukan sepi yang biasa.

Bener-bener sepi.

Kalau tiba-tiba ada pocong pake seragam dinas nyamperin terus nanya, "Mas, ke Depok juga?" mungkin gue udah gak kaget.

Untung masih ada satpam.

Walaupun dari mukanya lebih mirip orang yang udah shift malam tiga hari berturut-turut.

Yang penting ada temen sesama manusia.

Gue nunggu sekitar dua puluh menit.

Di kepala gue cuma ada satu pikiran.

"Ini kayaknya kereta terakhir deh. Kalau kelewat, bisa-bisa nginep di stasiun."

Untung keretanya dateng.

Dan isinya...

Sepi juga.

Serius.

Satu gerbong paling cuma ada beberapa orang.

Lucunya, gue malah milih berdiri.

Kenapa?

Takut ketiduran.

Udah capek seharian, kalau duduk bisa-bisa kebangun pas keretanya udah sampai stasiun terakhir.

Sekitar dua puluh menit kemudian, akhirnya gue sampai juga di Pondok Cina.

Harusnya sih ini jadi ending yang manis.

Tapi ya...

Belum.

Pas gue lihat HP, baterainya tinggal tiga persen.

Gue buru-buru kirim BBM ke rumah buat minta dijemput.

Pesannya terkirim.

Tapi...

Gak ada balasan.

Terus HP gue mati.

HP gue literally bilang,

“Gue udah ngasih yang terbaik. Lo sekarang urus sendiri.”

Ya udah.

Akhirnya gue jalan kaki.

Karena emang udah gak ada pilihan lagi.

Dan begitulah akhir dari perjalanan pertama gue nonton Teater JKT48.

Niat awalnya cuma pengen lihat idol dari jarak dekat.

Eh, pulangnya malah dapet satu paket petualangan.

Level Up!

+100 XP

+1 Keberanian

+1 Kepercayaan sama orang asing

+2 Pegel lutut

Kalau dipikir sekarang, capeknya udah lupa.

Yang masih keinget justru semua drama di sepanjang perjalanan.

Dan mungkin itu yang bikin pengalaman pertama ini susah dilupain.

Thanks buat yang udah baca cerita singkat ini sampai habis.

Sampai ketemu lagi di cerita ngidol berikutnya.

Semoga perjalanan pulang kalian gak sedrama punya gue.

Arigatou gozaimasu.

#NgidolIsMyInspiration

© 2025 by Agi Dione | All rights reserved.