Ticker

6/recent/ticker-posts

JKT48 Original Setlist Bakal Hadir, Cuy!

 


Wah, akhirnya. Udah pada liat belum pengumuman kemarin? Timeline sampe riuh rendah, sampe gue yang jarang buka X jadi ikut-ikutan mantengin.

Jadi gini ceritanya.

Gue dari dulu tuh sering banget baca debat nggak jelas di timeline. "Kapan JKT punya setlist ori?" "Ah paling nggak bakal, lisensi ribet." "Mimpi kali." Ribut mulu, ujung-ujungnya nggak ada ujungnya. Tapi kemarin... ya ampun, mereka beneran ngumumin. JKT48 akhirnya punya original setlist pertama. Bukan terjemahan. Bukan adaptasi. Tapi beneran diciptain buat mereka, dari nol.

Gue nggak tahu perasaan lo gimana. Tapi buat gue yang inget dulu lihat mereka nyanyi "Heavy Rotation" di TV mana-mana, ini tuh kayak... weh, akhirnya. Bayangin aja, grup seumuran ini, baru sekarang punya lagu yang bisa mereka sebut "ini punya gue banget". Bukan numpang dari grup kakak. Ini soal mereka berani buat lepas dari bayang-bayang dan punya identitas sendiri. Penting nggak sih? Buat fans kayak gue, penting banget.

Sekarang ngomongin strategi mereka nge-drop pengumuman ini. Manajemen racikannya lumayan rapih. Nggak langsung dibuka semua, tapi dikasih sedikit-sedikit biar kita pada ngiler.

· Teaser dan Konsep: Dari rilis SPV 1 sama 2 kemarin, kita udah bisa nebak arahnya mau ke mana. Visualnya, vibes-nya. Gue cuma bisa berharap, jangan sampai ekspektasi yang udah menggila ini jatoh pas hari H. Konsisten aja, plis.

· JKT48 Tour 2025: Nah ini dia. Buat lo yang selama ini ngeluh "Teater mahal", "Teater jauh", sekarang mereka yang nyamperin. Ada Semarang, Cimahi, Jogja, Solo, sama Surabaya. Plus ada meet & greet dan 2-shot. Tapi saran gue sih, jangan muter di Jawa doang dong. Medan, Makassar, pada nungguin juga tuh. Kasian.

· Puncaknya di Istora: Tanggal 26 Juli 2025, acara "FULL HOUSE" di Istora. Kayaknya ini bakal jadi momen sakral. Katanya bakal ada kolaborasi idol sama komposer langsung di panggung. Kalau lo ngaku fans, momen kayak gini sayang banget kalau lo lewatin. Gue sih udah siap-siap ngantre tiket, ygy.

Terus, pertanyaan yang pasti muncul di kepala lo. "Kenapa baru sekarang?" "Ngapain nunggu 13 tahun?"

Jujur, telat sih emang nggak enak. Tapi menurut gue, lebih baik telat daripada nggak sama sekali. Mungkin momennya emang baru pas sekarang. Kenapa? Karena mereka lagi kuat-kuatnya. Mereka udah survive dari era ganti konsep, drama sana-sini, sampai bertahan pas pandemi kemarin yang nyaris bikin semuanya berhenti. Mereka tuh udah mateng secara mental dan skill.

Ini adalah kesempatan mereka buat punya lagu kebanggaan. Sesuatu yang kalau diputer di radio, orang langsung bilang "Oh ini JKT48", bukan "Oh ini versi Indonesianya lagu Jepang".

Pokoknya gini.

Mereka lagi nulis ulang sejarahnya sendiri. Dan kita yang dari dulu nunggu, tugasnya cuma satu, dukung aja. Jangan sibuk nyinyir atau banding-bandingin sama yang dulu. Nikmatin aja prosesnya. Karena kita bakal lihat sendiri sejauh mana langkah mereka di era baru ini. 
Let's go. 
© 2025 by Agi Dione | All rights reserved.